Jumat, 15 Oktober 2010

Menggunakan Tinta Refill untuk Printer HP C2780

Printer HP C2780 adalah printer berkemampuan baik karena memiliki kemampuan untuk mengirim scan, fotocopy (warna), menerima dan mengirim fax, memiliki koneksi USB 2.0,  wifi, LAN, dan bluetooth serta di lengkapi pembaca kartu media yang lumayan lengkap dan port usb untuk memasukkan flash disk.

Fungsi scan juga bisa dilakukan secara otomatis sehingga sangat membantu dalam menyecan banyak dokumen sekaligus dan memasukkannya langsung ke flash disk atau media kartulainnya.

Sayangnya tintanya lumayan mahal Rp. 250 ribuan dan dan kapasitasnya juga kecil sehingga kalau mencetak banyak dokumen harus dilakukan akan memerlukan biaya yang besar.

Solusinya adalah dengan menggunakan tinta refill dengan konsekuensi garansi printer akan hilang. Namun jika usia printer juga sudah melewati masa garansi tentunya hal ini bukan menjadi maslah :

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. beli tinta refill, karena saat ini yang habis tinta hitam, maka saya makai tinta print Hitam DP 27. Harga sekitar Rp. 25,000,-

2. Lubangi di tempat bagian yang di tunjukkan pada gambar di bawah ini.


Untuk gampangnya, jarum suntik saya panaskan dengan korek api hingga panas, dan langsung di tusukkan pada tempat yang di tunjukkan (ada tanda; mungkin bekas cetakan kartid nya di pabrik)

Isi tinta sebeum tintanya benar-benar habis, jika toatl habis akan ada gelembung udara yang bisa menghambat keluarnya tinta.

3. Setelah itu isi dengan perlahan, saya bisa mengisikan 1 + 1/2 botol suntik yang ada. Ingat isi perlahan untuk mencegah gelembung udara

4. Untuk menutupnya, gunakan selotip yang sering di pakai untuk listrik (harga Rp. 1000 s,d 3000 perak)

5. Selesai, masukkan printer dan reset ulang printernya dengan cara :
 cabut kabel power, tekan tombol # dan 3 sekaligus dan pasangkan kembali kable powernya.. Tahan sampai proses bootnya selesai.

6. Pada monitor printer akan muncul peringatan "Original HP Ink Depleted". Tekan tombol "OK" dan Tombol Panah Kanan. Ada peringgatan muncul dengan heading "ATTENTION". Tekan "OK" kembali dan printer akan mematikan pemberian informasi tingkat ketersedian tinta di printer.

7. Selesai, printer siap di gunakan :

8. Ingat; semua akibat dari penggerjaan dan penggunaan tinta refill menjadi tanggung jawab masing-masing.

9. Salam Khiban Chara.

Tidak ada komentar: