Minggu, 25 Oktober 2009

Mengembalikan dokumen MS Word yangberubah menjadi EXE

Malam ini, Akay meminta saya ngeprint dokumen MS Word yang terinfeksi virus. Dia bilang kalau di buka pakai komputer yang ada antivirusnya, dokumen yang terinfeksi akan terhapus dan da tidak punya backup lain.

Dengan PD saya meminta flashdisk nya Akay, untuk ada 1 laptop yang nganggur dan saya pikir bisa mematikan antivirusnya dulu sehingga dokumen yang terinfeksi tidak terhapus.

Setelah menghidupkan laptop dan mematikan antivirus, saya membuka flashdisk Akay dan saya kaget karena ekstensi dokumen DOC telah berubah menjadi ekstensi EXE.

Saya mencoba merubah ekstensi dan mecoba membukanya dengan NOTEPAD, WORDPAD dan MS WORD. Semuanya gagal. Akhirnya saya tanyakan sama Abuchik Google dan akhirnya saya mendapat pencerahan :

  1. File dengan extensi EXE bukan file aslinya. Ini adalah file ciptaan si virus (W32/Worm.Gen.XDL.B)
  2. File aslinya yang berextensi DOC disembunyikan oleh virus.
  3. Untuk mengembalikannya saya menggunakan software kecil  gratis Hidden File Tool 1.0 (26 KB )
  4. Caranya :
  • Dowloand Hidden File Tool 1.0 di http://ebsoft.web.id/files/hidden_file_tool_1.0.zip 
  • Klik hasil download dan akan  mucul jendela software langsung (software portable jadi tidak perlu diinstall)
  • Pada Open Path : ......... klik Browse untuk mencari file DOC yang ekstensi berubah menjadi EXE.
  • Pada folder tersebut akan terlihat file-file dengan nama yang sama tapi berektensi beda. Misalkan adakan ada file ABCD.EXE dan ABCD.DOC.   
  • Cari dan salin file yang berekstensi DOC dan hapus yang berekstensi EXE.
File berekstensi DOC bisa di gunakan kembali

1 komentar:

rynanaa mengatakan...

gimana nyalinya, udah ctrl+c tapi gak bisa di paste?